SOAL CAT TES CPNS
bimbel cpns sekolah kedinasan

Para calon pelamar CPNS pertama harus melengkapi persayaratan admisnistrasi yang persyaratkan setiap instansi yang akan dilamar, kemudian Tahap selanjutnya para pelamar CPNS yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi, akan mengikuti test Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan dijadwalkan oleh BKN (badan kepegawaian masing – masing daerah) melalui test berbasis CAT.

Perlu diketahui Soal CAT Tes CPNS, Sobat future perlu ketahui Soal SKD terdiri dari 3 jenis, diantaranya adalah sebagi berikut:

Baca juga:

Persyaratan Untuk Pelamar CPNS dan Berkas Dokumen untuk Daftar di SSCASN BKN

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan akan menguji pengetahuan dan kemampuan dalam nilai-nilai kebangsaan Indonesia yang meliputi:

Sejarah kemerdekaan bangsa, Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, Sistem tata negara Indonesia, perang dunia ke 1, peramg dunia ke 2, perang dingin, perjanjian international,  Peranan Bangsa Indonesia, Pemerintah pusat dan pemerintah daerah, Kemampuan berbahasa indonesia.

2. Tes Intelejensi Umum (TIU)

Tes Intelejensi Umum adalah tes yang lebih mengarah ke kemampuan intelegensi, kuantitatif, penalaran analitik, dan penalaran analogi para peserta ujian pelamar CPNS dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis.

Materi TIU dapat di kategorikan dalam beberapa materi :

a. Analisa Verbal meliputi,

  • Tes Sinonim
  • Tes Antonim
  • Tes Pengelompokan kata
  • Tes Padanan hubungan kata
  • Tes Silogisme
  • Bahasa Indonesia

b. Analisa Numerik meliputi,

  • Tes Seri huruf
  • Tes aritmetik
  • Tes Seri angka
  • Tes Angka dalam cerita
  • Tes Logika Angka

Berpikir Logis dan Analitis meliputi,

  • Tes Analisa Pernyataan
  • Tes Logika Umum
  • Tes Logika Cerita
  • Tes Menarik Kesimpulan

Dan test bagian yang paling akhir adalah tes TKP, dalam mengerjakan TKP, terdapat tips dan trik yang akan dapat cepat menjawab soal ini, karena dalam ujian CAT, peserta akan di pacu dengan waktu yang sangat terbatas, oleh karena itu peserta harus dapat cepat menjawab soal dengan benar, maka harus paham benar konsep pembelajaran persiapan tes CPNS yang baik dan benar.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Soal SKD yang terakhir adalah Tes Karakteristek Pribadi, tes ini lebih mengarah ke psikologi yang bisa menunjukan jenis dan karakter para peserta ujian ASN dalam berbagai aspek seperti kognitif dan emosi, meliputi:

integritas diri, semangat berprestasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kreativitas dan inovasi, kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, kemampuan beradaptasi, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemampuan bekerja sama dalam kelompok.

Berikut rahasia yang bisa sobat future coba agar memenuhi passing grade tes CPNS, paling utama saat mengerjakan tes kemampuan dasar.

  1. Berhenti Belajar 2 atau 3 Hari Sebelum Tes dilaksanakan

Dalam menjawab soal, tentu memerlukan konsentrasi penuh dan stamina. Jangan sampai Kamu lelah dan tak konsentrasi saat berlangsungnya tes karena capek. Siapkan data dan seluruh peralatan tes termasuk KTP, kartu ujian, atau dan berkas-berkas penting lainnya.

Maka dari itu, misalnya jadwal ujian Kamu hari Senin, maka usahakan tutup semua buku pelajaran pada hari Sabtu dan Minggu sebelumnya. Nikmati akhir pekan dengan tenang dan lakukan saja apa yang menurut Kamu menyenangkan.

  1. Datang lebih awal sebelum ujian

Jika sobat future belum begitu tahu lokasi tes pelaksanaan ujian, lebih baik sobat future survei lokasi tes sehari sebelumnya. Setelah masuk ruangan Kamu terlebih dahulu akan diverifikasi data, pretest, dan diberikan petunjuk teknisnya.

Ikuti petunjuk teknis yang disampaikan pengawas ujian dengan benar. Selain itu, Tanyakan apapun yang belum Kamu pahami kepada pengawas ketika diberi kesempatan bertanya.

  1. Berdoa Sebelum Mengerjakan Ujian

Sebelum memulai ujian, sobat future bisa berdoa terlebih dahulu untuk memberikan energi positif dalam segi spiritual dan mendapat ketenangan dalam mengerjakan soal ujian. Jangan panik, sebab meski Kamu sudah melakukan persiapan maksimal, tapi jika Kamu nervous bisa saja pikiran Kamu menjadi blank.

  1. Jangan Terpengaruh Dengan Kondisi Sekitar (kondisi baru)

Terkadang ada peserta lain yang sudah bisa menyelesaikan jawaban lebih cepat, akan tetapi belum tentu juga jawaban mereka benar semua. Sobat future wajob mengecek kembali jawaban sebelum meninggalkan ruangan ujian, karena ketelitian juga merupakan factor sangat penting dalam mengerjakan soal.

  1. Isi Semua Soal (tidak ada sistem minus apabila salah)

Sobat future jangan sampai meninggalkan komputer tanpa jawaban yang belum di isi alias kosong. karena  dalam CAT tidak ada sistem minus nilai, jika jawaban sobat future salah. Bahkan, dalam soal TKP nilainya berkisar dari 1-5 yang artinya asal jawab pun, sobat future akan mendapat nilai, minimal sobat future masih bisa mendapatkan 1 nilai.

  1. Kerjakan Terlebih Daahulu Soal yang Menurut Kamu Lebih Mudah

Dengan efisien waktu pada soal yang sifatnya hafalan, maka Kamu akan punya waktu tambahan untuk mengerjakan soal hitungan dan soal analisis penalaran yang relatif membutuhkan waktu lebih lama untuk mengerjakannya.

  1. Dahulukan Tes Karakteristik Pribadi (soal TKP dapat dijawab tanpa membaca soal)

Dalam menjawab soal TKP, bisa sangat menghemat waktu, karena soalnya bertanya tentang respon sendiri dan kita dapat menjawab soal kuantitatif dengan waktu yang lebih efisien, maka jawabannya ada dalam diri Kamu dalam menjawab soal TKP. Terlepas apakah jawabannya cocok atau tidak dengan kunci jawaban. Kamu tidak perlu mencari jawaban di luar diri Kamu. Selain itu, persentase nilai TKP lebih besar dari nilai Tes Intelejensi Umum dan Tes Wawasan Kebangsaan.

  1. Strategi Menjawab Soal

Sobat future perlu menerapkan strategi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tertentu. Misal, untuk soal bacaan, jika yang ditanya adalah pokok pikiran, maka cukup baca bagian awal saja. Akhir atau tengah cukup baca cepat dan singkat, oleh karena itu sobat future perlu mengetahui setiap trik dari setiap soal – soal, yang semua itu terdapat trik – triknya dalam menjawab, maka tidak perlu waktu yang lama dalam menjawab soal apabila sobat future sudah mengetahui konsep dari setiap setiap soal.

Dalam soal cerita matematika untuk penalaran, sobat future perlu analisis berbeda. Kamu harus bisa menyederhanakan persoalan secara singkat dan perlu mengetahui dasar dasar rumus matematika karena sobat future tidak akan tahu soal apa yang akan keluar dari computer, maka sangat penting kalian tahu semua rumus- rumus dasar matematika, kemudian menghitungnya dengan cepat, dengan begitu harapannya sobat future dapat lulus tes CPNS.

Bukan hanya perlu mengetahui rumus – rumus matematika dasar, akan tetapi sobat future perlu juga mengetahui serangkain perjalanan sejarah bangsa Indonesia dalam untuk menjawab soal TWK, karena banyak peserta yang jatuh dalam nilainya dalam soal TWK.

Ketika dalam menjawab soal TKP, berpikirlah bahwa sobat future, akan menjadi seorang pemerintah yang mencari abdi Negara dan tulus melayani masyarakat. Maka itulah pilihan jawaban terbaiknya. Fokus untuk menjawab dengan baik, positif, konsisten dan tidak melawan kepada atasan, memilki sifat pantang menyerah, memilki ide gagasan yang tinggi dalam menentukan keputusan yang berdampak pada kebaikan bersama.

  1. Tips Ampuh Lolos CPNS Yang Wajib Kamu Ketahui

Salah satu hal yang paling dinanti-nanti banyak orang adalah pembukaan dan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Tentu saja, CPNS memang selalu menjadi berita utama ketika pergelarannya. Apalagi bagi yang baru selesai menuntaskan studi perkuliahannya, PNS kerap menjadi profesi pilihan. Jenjang karir yang jelas dan panjang kerap menjadi alasan mengapa profesi aparatur sipil negara ini banyak …

Lulus Seleksi Administrasi CPNS Kemenhumkam? Ini Langkah Berikutnya

Lulus Seleksi Administrasi CPNS Kemenhumkam? Ini Langkah Berikutnya

CPNS di Kemenkumham merupakan salah satu instansi dengan jumlah pelamar paling banyak setiap tahunnya dibandingkan instansi pusat lain. Hal ini mungkin dikarenakan Kemenhumkam merupakan instansi yang membuka lowongan penerimaan untuk formasi SLTA sederajat. Lulusan SMA/ sederajat dalam hal ini untuk mengisi formasi Sipir atau Penjaga Tahanan. Untuk tahun 2017 silam, formasi sipir ini bahkan memiliki …

Tips Sukses CPNS, Mulai Dari Dokumen Hingga Simulasi Ujian

Tips Sukses CPNS, Mulai Dari Dokumen Hingga Simulasi Ujian

Soal CAT Tes CPNS adalah salah gerbang utama untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan salah satu profesi yang sangat diminati masyarakat Indonesia. Tak heran jika banyak orang berlomba-lomba mendapatkan formasi sebagai abdi negara, baik di pemerintahan pusat maupun daerah. Tingginya minat terhadap profesi ini, tentu membuat persaingan lebih ketat. Bahkan, hanya puluhan atau bahkan beberapa orang saja yang diterima untuk mengisi suatu formasi. Hal …

Tips Belajar Soal Tes CPNS yang Harus Kamu Ketahui

Tips Belajar Soal Tes CPNS yang Harus Kamu Ketahui

Hingga sekarang, menjadi seorang abdi negara masih menjadi pekerjaan idaman banyak orang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah peserta yang mendaftar saat perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Padahal peluang lolos tes CPNS sendiri bisa dibilang tak terlalu besar mengingat jumlah posisi yang dibutuhkan tak sepadan dengan jumlah pendaftar. Jika kamu memiliki minat sangat tinggi.

Menjadi Aparatur Sipil Negara seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi salah satu profesi yang masih banyak diminati masyarakat Indonesia. Apalagi pemerintah terus melakukan pembenahan yang makin menjamin kesejahteraan PNS, tak heran jika banyak sobat future kini tertarik untuk mengabdi kepada negara.

Penghasilan/gaji PNS berapa sih?

Jika kamu menjadi seorang pegawai negeri sipil, akan ada banyak manfaat yang diterima. Bukan hanya gaji pokok, kamu juga berhak mendapatkan tunjangan yang cukup menggiurkan, baik tunjangan tetap maupun tunjangan tak tetap yang diperoleh tiap bulannya.

Dalam beberapa formasi, besarnya penghasilan bulanan yang diterima memang tak sebesar gaji yang didapatkan seorang pegawai swasta. Akan tetapi, ada banyak hak-hak dari negara yang ternyata eksklusif diberikan untuk para pegawai negeri sipil.

Gaji PNS terbaru masih sama seperti tahun 2019 kemarin. Abdi negara kabarnya 2020 ini memang tak akan mengalami kenaikan gaji seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, beberapa tunjangan dan pemberian gaji ke-13 diklaim lebih banyak memberi pemasukan.

Berikut ini adalah rincian lengkap penghasilan PNS terbaru:

Gaji Pokok

Golongan 1

  • Golongan 1A = Rp 1.560.800 (masa kerja 0 tahun) – Rp 2.335.800 (masa kerja 26 tahun)
  • Golongan 1B = Rp 1.704.500 (3 tahun) – Rp 2.474.900 (27 tahun)
  • Golongan 1C = Rp 1.776.600 (3 tahun) – Rp 2.557.500 (27 tahun)
  • Golongan 1D = Rp 1.851.800 (3 tahun) – Rp 2.686.500 (27 tahun)

Golongan 2

  • Golongan 2A = Rp 2.022.200 (masa kerja 0 tahun) – Rp 3.373.600 (masa kerja 33 tahun)
  • Golongan 2B = Rp 2.208.400 (3 tahun) – Rp 3.516.300 (33 tahun)
  • Golongan 2C = Rp 2.301.800 (3 tahun) – Rp 3.665.000 (33 tahun)
  • Golongan 2D = Rp 2.399.200 (3 tahun) – Rp 3.820.000
Kategori: CPNS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *