Calon Peserta CPNS Tidak Bisa Cetak Kartu Ujian

kartu ujian peserta cpns

Tidak sedikit sobat future calon peserta CPNS yang sudah lolos seleksi administratif mengeluh karena kesulitan ketika hendak mencetak kartu ujian tes Seleksi Kemampuan Dasar.

Keluhan tersebut sontak membanjiri twitter Badan Kepegawaian Negara (BKN), @BKNgoid.

Bukan tanpa alasan, para pelamar cpns yang lulus seleksi tahap awal memang diwajibkan untuk mencetak kartu ujian SKD.

Kartu ujian SKD harus dibawa dalam rangkap dua saat akan mengikuti tes seleksi kompetensi dasar  atau SKD CPNS.

Calon Peserta CPNS Tidak Bisa Cetak Kartu Ujian

Alasan Tidak Bisa Mencetak Kartu Ujian

BKN turut memberi sorotan terkait banyaknya keluhan mengapa ada peserta yang lulus seleksi administrasi CPNS tapi belum bisa mencetak kartu ujian.

BKN melalui Kebiro Humasnya mengatakan bahwa alasan mengapa terdapat sejumlah pelamar yang belum bisa mencetak kartu ujian karena instansi tempat pelamar CPNS belum memberikan hasil sanggah. Jika instansi tempat peserta melamar belum memberikan atau mengumumkan hasil sanggahan administrasi, pelamar pun tidak dapat mencetak kartu ujian SKD. Kabiro Humas BKN mengungkapkan bahwa setelah instansi mengumumkan hasil sanggah tahap seleksi administratif, secara otomatis menu cetak kartu ujian pada akun SSCN peserta akan muncul. Namun, terkait informasi waktu atau pun lokasi ujian SKD tidak akan langsung diumumkan ketika peserta mencetak kartu ujian SKD. Oleh sebab itu, para pelamar CPNS sebaiknya mengikuti perkembangan informasi terkait tes SKD di instansi yang dilamar.

Baca Juga

Terkait penentuan tempat dan waktu pelaksanaan ujian SKD, akan ditentukan oleh instansi yang dilamar. Jadi, tetap up to date memantau informasi terbaru portal resmi instansi yang Kamu melamar.

Tahapan seleksi Tes SKD nantinya akan terdiri dari 3 jenis soal berbeda, diantaranya adalah:

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  • Tes Intelegensia Umum (TIU)
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

BKN sudah menyiapkan 13 Kantor Regional (Kanreg) BKN serta kantor unit untuk lokasi penyelenggaraan tes SKD. Ke-13 Kanreg tersebut yaitu,

Kanreg 1 BKN Yogyakarta, Kanreg 2 BKN Surabaya, Kanreg 3 BKN Bandung, Kanreg 4 BKN Makassar, Kanreg 5 BKN Jakarta, Kanreg 6 BKN Medan, Kanreg 7 BKN Palembang, Kanreg 8 BKN Banjarmasin, Kanreg 9 BKN Jayapura, Kanreg 10 BKN Denpasar, Kanreg 11 BKN Manado, Kanreg 12 BKN Pekanbaru, Kanreg 13 BKN Aceh

Selain itu, Kamu dapat mengikuti simulasi CAT yang dibuat oleh BKN sendiri atau dari pihak lain yang banyak dimuat beberapa website. Karena pada dasarnya tujuan simulasi adalah untuk menambah wawasan serta menambah materi soal ujian untuk Kamu pelajari. Maka dari itu, sebaiknya jangan mengandalkan orang dalam, orang pintar, atau siapapun yang menjanjikan Kamu lulus dan menjadi PNS. Sebab, tak ada pihak mana pun yang bisa membantu Kamu kecuali diri sendiri. Lulus atau tidaknya Kamu menjadi PNS merupakan hasil dari usaha Kamu, bukan dari orang atau pun makhluk lain. Tetap waspada terhadap pihak yang menjanjikan Kamu lulus menjadi CPNS. Karena terdapat beberapa kasus serupa yang ujung-ujungnya adalah penipuan.

Lokasi Tes SKD CPNS

Untuk pelaksanaan ujian tes SKD ini, BKN sudah membuat persiapan matang terkait lokasi yang akan digunakan sebagai tempat tes.

Disisi lain, BKN sebetulnya memiliki 14 kantor regional yang ada di Indonesia, adapun satu kantor regional yang tidak dapat digunakan untuk pelaksanaan tes SKD, yakni Kantor Regional di Manokwari. Ada juga titik lokasi tes SKD yang pengadaannya dipersiapkan secara mandiri oleh instansi berjumlah kurang lebih 394 titik. BKN pun mengabarkan bahwa jumlah lokasi tes skd akan terus bertambah seiring peningkatan kemampuan infrastruktur tiap daerah. Di setiap titik lokasi, terdapat tim pelaksana CAT yang disiapkan BKN sesuai dengan kebutuhan dalam pelaksanaan ujian. BKN Pusat pun menambah fasilitas di Kementerian pusat. Sedangkan instansi daerah difasilitasi oleh Kantor Regional dari BKN setempat. Peserta CPNS dihimbau untuk tetap update informasi terbaru dari situs atau portal instansi yang dilamar. Bukan tanpa sebab, pelamar memang sudah seharusnya datang tepat waktu sesuai jadwal dan lokasi pelaksanaan tes SKD mendatang. Instansi yang sudah mengumumkan hasil seleksi administratif, akan memberikan informasi kapan waktu pencetakan kartu ujian peserta yang berhasil lolos. Kartu ujian ini bisa Kamu unduh lewat portal SSCN, jangan lupa untuk login menggunakan akun masing-masing. Dengan demikian, bagi Kamu yang telah lolos seleksi administrasi, disarankan untuk tetap mengikuti perkembangan informasi di instansi tempat Kamu mendaftar.

Kategori: CPNS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *