Berdasarkan informasi sebelumnya, pasti setiap tahunnya, peserta didik alumni SMA seluruh indonesia yang mengikuti tes untuk masuk perguruan tinggi negeri selalu jumlahnya  bertambah banyak dan oleh karena itu daya saing akan menjadi lebih ketat. Peserta didik  memilih berbagai jurusan terbaik dan terfavorit sehingga menimbulkan jurusan favorit yang paling banyak peminat (khususnya fakultas kedokteran ptn ui).

Informasi yang kita dapatkan dari panitia UTBK atau SBMPTN beberapa tahun belakang, setidaknya jurusan favorit peserta adalah (FAKULTAS KEDOKTERAN PTN UI, ILMU HUKUM, EKONOMI, MANAJEMEN, KOMPUTER, KOMUNIKASI, AKUNTANSI, PSIKOLOGI, GEOLOGI, KESEHATAN MASYARAKAT, TEKNOLOGI INFORMASI, HUBUNGAN INTERNASIONAL, BISNIS, DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, JURNALISTIK, TEKNIK SIPIL, ELEKTRO, INDUSTRI, INFORMATIKA). Peringkat jurusan favorit ini didapat dengan melihat tingkat pelamar yang sangat tinggi di banyak PTN seluruh indonesia.

Kita ambil contoh, sobat future bisa melihat peminat dari beberapa jurusan di beberapa PTN terkenal di Indonesia. UI misalnya, prodi Pendidikan fakultas kedokteran ptn ui selalu menjadi pilihan dengan peserta didik paling banyak sejak tahun 2012 lalu. Menyusul kemudian ada fakultas tekknik, hukum dan prodi Sistem Informatika yang pelamarnya melebihi ribuan setiap tahun.

Sedangkan UGM, UNPAD, UNDIP, dll tidak jauh berbeda. Prodi fakultas Kedokteran selalu menjadi pilihan daftar jumlah peserta terbanyak disusul dengan prodi teknik. Lalu, di peringkat ketiganya ada prodi hukum. Sedangkan di ITB, Teknik Elektro dan Informatika ada di posisi pertama yang dilanjutkan dengan Teknik Mesin, Teknik Industri, dll.

Peringkat ketiganya adalah Teknik Pertambangan dan Perminyakan dengan animo peminat juga melebihi 5.000 peserta didik tiap tahunnya. Di UNPAD juga tak jauh berbeda. Prodi fakultas Kedokteran masih yang utama dan dilanjutkan dengan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Di posisi ketiga, ada Teknik Sipil yang jumlah pesertanya pun di angka ribuan.

Bisa dibilang, indeks untuk penilaian dari masing-masing jurusan favorit hampir sama dengan sistem penilaian yang dilakukan di UTBK atau SBMPTN. Parameter penilaiannya akan didasarkan pada nilai rapor serta akreditasi sekolah tersebut bila mengambil jalur ini. Di jalur SBMPTN, caranya berbeda lagi.

Peserta didik harus melakukan tes bidang studi perspektif atau TBSP sesuai dengan aturan yang sudah berlaku. Selain itu, di sistem SBMPTN ini juga dilakukan yang namanya sistem persentil yang mana penilaian dilakukan per mata pelajaran yang diujikan secara terpisah. Jadi, jangan heran bila mahasiswa yang biasa saja bisa lulus di PTN terbaik.

Sebagai contoh, peserta didik dari jurusan IPA diterima di fakultas Ekonomi atau Akuntansi UI karena ia memiliki kemampuan matematika yang baik meskipun di mata pelajaran lain seperti ekonomi nilainya jeblok. Namun, masih ada penilaian lain yang dilakukan agar si mahasiswa bisa diterima di PTN dengan jurusan favoritnya.

Dengan melalui test seleksi penerimaan jalur mandiri juga adalah salah satu jalur yang bisa sobat future ambil untuk masuk PTN dengan jurusan terbaik yang sobat impikan. Untuk parameter jalur mandiri ini, setiap menerapkan cara yang berbeda. Ada yang berdasarkan hasil tes tertulis, ada juga yang berdasarkan prestasi.

nah, itu beberapa jalur seleksi penerimaan universitas indonesia yang sobat perlu ketahui dalam mendaftar universitas indonesia dan biasanya setiap tahunnya tanggal ujian test seleksinya bisa berubah (tapi tidak signifikan perubahannya) kemudian kalau memang bisa teman – teman semua selalu mempersiapkan diri, terutama kesiapan ilmu pengetahuan dimana saja seperti belajar sendiri, mengikuti les privat atau mengikuti bimbel masuk ptn ui yang terpercaya, untuk persiapan masuk universitas indonesia, dan jangan lupa tetap persiapkan untuk sobat dalam menghadapi tes akademik, tpa, tps, bahasa inggris, geografi, sejarah, pengetahuan umum, matematika (kuantitatif),  bahasa Indonesia, verbal, silogisme, padanan kata, penalaran analitik, penalaran logis, (spasial), (logika number), dan lainnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *