Spesialis 1 Program spesialis merupakan pendidikan keahlian lanjutan yang dapat bertingkat dan diperuntukkan bagi lulusan program profesi yang telah berpengalaman sebagai profesional untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya menjadi spesialis.

Spesialis 2 adalah program pendidikan lanjutan Spesialis 1 untuk bidang Kedokteran.

1. SBMPTN/UTBK

yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak, dilaksanakan melalui:

  • Jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik
  • Jalur ujian tertulis dan/ atau keterampilan.

Peserta SNMPTN hanya dapat memilih Program Studi dari Program S1 Reguler saja.

2. SIMAK-UI

Seleksi Masuk simak ptn ui (SIMAK-UI) adalah seleksi berdasarkan kemampuan akademik melalui tes kemampuan dasar dan kemampuan IPA atau IPS sesuai dengan pilihan program studi. Dilaksanakan secara nasional serentak di seluruh Indonesia. Peserta SIMAK dapat memilih hingga 8 Program Studi dari Program S1 Reguler, S1 Paralel, S1 KKI serta Program Vokasi (D3).

Informasi mengenai pendaftaran jadwal, pilihan program studi, biaya pendidikan dapat dilihat di situs: http://penerimaan.ui.ac.id.

3. PPKB

Dalam jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) ini UI mengirim undangan kepada siswa SMA/ SMK (untuk Vokasi) yang berprestasi di seluruh Indonesia untuk masuk PTN UI. Acuan dalam menentukan SMA/ SMK (untuk Vokasi) yang diikutsertakan pada program ini antara lain:

  • Prestasi yang dicapai oleh lulusan SMA/ SMK (untuk Vokasi) yang bersangkutan dalam Ujian Tulis SIMAK-UI/ SNMPTN tahun-tahun sebelumnya.
  • Prosentase lulusan SIMAK-UI/ SNMPTN/ UBER UI-PN) dari SMA/SMK (untuk Vokasi) yang bersangkutan pada tahun sebelumnya.
  • Prestasi mahasiswa UI yang berasal dari SMA/ SMK (untuk Vokasi) yang bersangkutan.
  • SMA/ SMK (untuk Vokasi) di seluruh Indonesia, terutama yang peserta didiknya tidak/ belum ada atau hanya sedikit berkesempatan belajar di UI.
  • Siswa yang diikutsertakan adalah siswa peringkat sepuluh terbaik di kelas dan dua puluh terbaik di sekolah tiap semesternya. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rapor kelas 10 dan 11 (semester 1-4).
 4. PKSDI

Program Kerjasama Daerah dan Industri (PKSDI) bertujuan untuk membantu daerah dan industri dengan menyediakan SDM berkualitas, dan meningkatkan kesempatan belajar bagi lulusan SLTA yang berada di seluruh penjuru Indonesia. Persyaratan untuk masuk melalui jalur ini adalah:

  • Mendaftar melalui mitra (PEMDA/ Industri). Siswa peringkat kelas 1-10 dari semester 1 s/d 5.
  • Memiliki ijazah yang berumur maksimal 2 tahun, sejak lulus dari SLTA.
  • Pelamar yang memiliki prestasi khusus di bidang yang sesuai dengan program yang dituju akan mendapat prioritas untuk diterima.
  • Diutamakan siswa yang berasal dari SLTA di luar Jawa dan Bali.
5. Jalur Prestasi
a. Program Olimpiade Sains

Para juara olimpiade sains mendapat kesempatan kuliah di UI sesuai dengan bidang yang dijuarainya. Syarat-syaratnya:

  • Juara olimpiade sains di bidang Biologi, Fisika, Matematika, Kimia, Komputer, atau Ekonomi yang diselenggarakan oleh Kemdiknas dan dikirim oleh Kemdiknas.
  • Lulus pada tahun penerimaan, dan rapor kelas 1-3 dengan nilai minimal rata-rata 7.
b. Program Atlet Berprestasi

Para atlet berprestasi nasional/ internasional berkesempatan kuliah di UI dengan persyaratan:

  • Olahragawan berprestasi, minimal juara nasional;
  • Mendaftar melalui mitra KONI/ DIKDASEMEN.
  • Memiliki ijazah yang berumur maksimal 5 tahun, sejak lulus dari SLTA.
  • Biaya pendidikan ditanggung oleh mitra
  • Mengikuti Tes Bakat dan Tes Potensi Akademik (TPA)/ TPS (Tes Potensi Skolastik)
6. Talent Scouting

Talent scouting adalah Program seleksi Mahasiswa Program S1 Kelas Khusus Internasional untuk siswa berprestasi berdasarkan nilai rapor di SMA dan prestasi SMA. Talent scouting hanya dapat diikuti oleh siswa yang berasal dari sekolah yang diundang UI (Memenuhi kriteria seleksi UI).

Akademi UI berkomitmen dalam mengembangkan kualitas SDM secara konsisten, dengan selalu membuka tangan untuk membimbing semua peserta didik di seluruh indonesia. Sarana akademik, aktifitas ekstra kurikuler dan banyak resources lain didesain untuk mempersiapkan calon alumninya dalam menjalani peran selanjutnya di kancah nasional dan internasional.

Dengan sejumlah disiplin ilmu yang tercakup dalam tiga rumpun keilmuan yaitu sains teknologi (Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik dan Ilmu Komputer), ilmu sosial – humaniora (Fakultas Ekonomi & Bisnis, Hukum, Ilmu Sosial Ilmu Politik, Psikologi dan Ilmu Budaya), Ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu kesehatan (Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Keperawatan). dijabarkan melalui aktifitas akademik di program studi pada fakultas-fakultas di lingkungan UI.

satu program Vokasi yang ada di simak ptn UI, terdapat berbagai program pendidikan yang menampung lulusan SMA/SMK/MA/sederajat. Sedangkan untuk jenjang Pascasarjana terdiri dari tiga belas Fakultas dan satu program Kajian Interdisiplin.

Program Pendidikan

Vokasi, S1 Reguler, S1 Kelas Internasional, S1 Paralel lulusan SMA/Sederajat, S1 Paralel lulusan D3, S1 Ekstensi lulusan, Profesi, Spesialis, Vokasi (D3) adalah program pendidikan jenjang diploma yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global. Lulusan Vokasi (D3) akan mendapat gelar Ahli Madya (A.Md). Jalur masuk Vokasi melalui SIMAK UI. S1 Reguler adalah program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dengan batasan usia ijasah maksimal 3 tahun kelulusan pada saat pendaftaran. Contohnya: pendaftaran 2015 untuk lulusan 2015, 2014, 2013. Lulusan S1 Reguler akan mendapat gelar jenjang Kesarjanaan Strata 1 sesuai bidang ilmu yang ditempuh. Jalur masuk S1 Reguler melalui snmptn dan simak ptn ui.

Biaya Pendidikan mahasiswa S1 Reguler SBMPTN/UTBK = S1 Reguler SBMPTN/UTBK = S1 Reguler simak ptn ui. Universitas Indonesia (UI) membebaskan uang pangkal bagi mahasiswa baru program pendidikan S1 Reguler. Pembebasan uang pangkal bagi mahasiswa program pendidikan S1 Reguler dimungkinkan karena kebijakan UI untuk mengalokasikan beban biaya uang pangkal dari dana BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri) yang diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, pola seleksi yang diselenggarakan oleh Kemdiknas bersama seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem.

S1 Paralel memiliki dua jenis kelas:

S1 paralel untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat, yakni program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/sederajat tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini hanya melalui simak ptn ui.

S1 Paralel untuk lulusan D3, yakni program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan D3 tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-Ekstensi. Lulusan S1 Paralel akan mendapat gelar jenjang Kesarjanaan Strata 1 sesuai bidang ilmu yang ditempuh.

S1 Kelas Khusus Internasional (KKI) adalah program pendidikan yang sama dengan program pendidikan reguler,

yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia atas dasar adanya kerjasama antara Universitas Indonesia dengan mitra Perguruan Tinggi di luar negeri yang memiliki reputasi internasional dan telah memperoleh akreditasi di negaranya. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-KKI dengan materi ujian Social Sciences atau Natural Sciences sesuai dengan klompok program studi yang dipilih.

Gelar Tunggal, adalah program KKI yang memiliki kurikulum khusus dengan memberikan kempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan atau pengalaman magang di universitas mitra di luar negeri selama 1 sampai 2 semester. Mahasiswa hanya akan memperoleh gelar kesarjanaan dari UI.

Gelar Ganda, adalah program KKI yang memiliki kurikulum khusus dengan memberi kesempatan mahasiswa untuk menempuh studi di UI dan di Universitas Mitra UI dalam suatu masa studi jenjang kesarjanaan. Mahasiswa akan memperoleh gelar kesarjanaan dari UI dan dari Universitas Mitra UI sekaligus.

Program Ekstensi adalah program pendidikan jenjang sarjana yang diselenggarakan di Universitas Indonesia bersama-sama dengan Program Reguler yang telah memperoleh izin, dan diikuti oleh mahasiswa yang diterima secara khusus, serta diselenggarakan dengan mempergunakan kurikulum yang menghasilkan kompetensi yang sama dengan kurikulum Program Reguler (SK Rektor No. 013/SK/R/UI/2006). S1 Ekstensi UI menerima lulusan D3 dari berbagai Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi BAN-PT. Jalur masuk S1 Ekstensi melalui simak ptn ui-Ekstensi. Materi yang diujikan adalah Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris.

Fakultas dan Program Studi yang membuka program ekstensi antara lain:
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat, program studi: Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Ilmu Keperawatan, program studi: Ilmu Keperawatan
  • Fakultas Ekonomi, program studi: Ilmu Manajemen, Ilmu Akuntansi
  • Fakultas Ilmu Administrasi, program studi: Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga, Ilmu Administrasi Fiskal

Program Kelas Paralel untuk lulusan D3 adalah program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan D3 tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-Ekstensi dan persiapkan sebaik mungkin untuk bisa mengikuti persiapan. Materi yang diujikan adalah Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

Fakultas dan Program Studi yang membuka kelas paralel antara lain:

  • Teknik Elektro, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik, program studi: Teknik Sipil, Teknik Mesin,
  • Fakultas Ilmu Komputer, program studi: Sistem Informasi
PASCASARJANA
  • Program S2 (Magister) merupakan program pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan program sarjana.
DOKTOR
  • Program S3 (Doktor) merupakan pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan program magister.
nah, itu beberapa jalur seleksi penerimaan universitas indonesia yang sobat perlu ketahui dalam mendaftar universitas indonesia dan biasanya setiap tahunnya tanggal ujian test seleksinya bisa berubah (tapi tidak signifikan perubahannya) kemudian kalau memang bisa teman – teman semua selalu mempersiapkan diri, terutama kesiapan ilmu pengetahuan dimana saja seperti belajar sendiri, mengikuti les privat atau mengikuti bimbel masuk ui yang terpercaya, untuk persiapan masuk universitas indonesia, dan jangan lupa tetap persiapkan untuk sobat dalam menghadapi tes akademik, tpa, tps, bahasa inggris, geografi, sejarah, pengetahuan umum, matematika (kuantitatif),  bahasa Indonesia, verbal, silogisme, padanan kata, penalaran analitik, penalaran logis, (spasial), (logika number), dan lainnya.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *